Cara Liburan ke Pulau Seribu dan Deretan Tujuan Wisata yang Indah

Pergi liburan ke Pulau Seribu bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mengunjungi Kepulauan Seribu bisa jadi wisata yang menyenangkan, yang dilakukan masih di bawah wilayah Provinsi DKI Jakarta.

ADVERTISEMENT
Berdasarkan website resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, pulauseribu.jakarta.go.id, Pulau Seribu atau lebih lengkapnya, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah administrasi di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Total luas wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah 4.745,62 kilometer persegi yang terdiri dari 8,76 kilometer persegi daratan, 4.690,85 kilometer persegi dan 46 kilometer persegi, terdiri lebih dari 110 buah pulau.

Cara Liburan ke Pulau Seribu
Perbesar
Cara Liburan ke Pulau Seribu. Foto hanya sebagai ilustrasi. Sumber: Unsplash/Red Zeppelin.
Ada beberapa cara untuk bisa liburan ke Pulau Seribu. Pengunjung juga bisa pergi dengan konsep semi backpacker ke salah satu gugus pulau dari Kepulauan Seribu.

Berikut ini cara pergi liburan ke Kepulauan Seribu dengan konsep semi backpacker atau mandiri.

1. Pilih Pulau yang Ingin Dikunjungi
Seperti telah disebutkan di atas, Kepulauan Seribu terdiri dari 110 pulau. Di antara pulau itu, ada sejumlah pulau yang dapat dijadikan destinasi wisata yakni Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Bidadari, Pulau Tidung dan lainnya.

ADVERTISEMENT
Pengunjung perlu menentukan destinasi pulau wisata yang ingin dikunjungi ketika ingin pergi berwisata di Pulau Seribu. Karena jarak tempuh menuju pulau-pulau wisata tersebut tidak akan sama satu sama lain.

2. Berangkat ke Pelabuhan Kapal di Utara Jakarta
Ada 2 pelabuhan di Jakarta, yang melayani perjalanan menuju Pulau Seribu, yakni Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke dan Pelabuhan Marina Ancol. Bila pengunjung ingin menghemat biaya, bisa menggunakan transportasi kapal yang murah dari Pelabuhan Kali Adem.

Berikut informasi tarif perjalanan dari Pelabuhan Kali Adem, menuju beberapa pulau di Kepulauan Seribu.
Sedangkan, dari Marina Ancol, tarifnya adalah sebagai berikut.

ADVERTISEMENT
3. Cari Penginapan
Setelah tiba di pulau yang telah dituju, carilah penginapan. Di Kepualaun Seribu banyak homestay untuk menginap. Harganya terjangkau sekitar Rp200.000-Rp500.000 per malam tergantung dari fasilitas yang telah tersedia.

4. Tentukan Wisata yang Diinginkan
Beberapa kegiatan bisa dilakukan di salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Keindahan pantai dengan air yang biru tentu tidak dapat dilewatkan begitu saja. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Seribu yakni melakukan snorkeling, berenang bahkan juga diving.

Selain melakukan aktivitas di air, pengunjung juga bisa menjelajahi pulau dengan menyewa sepeda. Harga sewa sepeda di Pulau Seribu yakni sekitar Rp20.000/hari.

Selain secara mandiri, wisata liburan ke Kepulauan Seribu bisa juga menggunakan jasa tour and travel. Pengunjung tidak perlu repot memikirkan penginapan dan sarana wisata, karena sudah diatur oleh jasa tour and travel.

Ada beberapa tujuan wisata di Kepulauan Seribu yang memiliki keindahan serta kerap didatangi pengunjung. Berikut beberapa destinasi wisata yang indah di Kepulauan Seribu, berdasarkan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, indonesia.travel.

Pulau Bidadari: kegiatan watersport seperti banana boat, jetski, dan kano. Terdapat pula penginapan resort eco-friendly resort.
Pulau Ayer: variasi wisata air yang menarik, toko-toko cinderamata serta jadwal kapal yang cukup banyak menuju Pantai Marina Ancol. Terdapat wisata resort yang mengambil tema rumah adat Papua berupa Honai, yang terletak mengapung diatas laut.
Pulau Onrust: cocok dikunjungi dalam one-day trip bersama dengan Pulau Cipir dan Pulau Kelor. Terdapat sisi lain dari sisa-sisa bangunan benteng pertahanan milik angkatan laut Belanda yang ada di sekitar pesisir pantai Pulau Onrust.
Pulau Tidung: terdapat 2 pulau yakni Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan oleh Jembatan Cinta. Bisa snorkeling serta diving.
Pulau Pari: dikenal dengan wisata Pantai Pasir Perawan serta terumbu karangnya yang sangat memesona. Bisa menikmati pemandangan sunset serta sunrise yang memanjakan mata.

Itulah informasi lengkap mengenai cara liburan ke Pulau Seribu beserta dengan beberapa tujuan wisata yang indah. (Fitri A)

sumber: https://kumparan.com/jendela-dunia/cara-liburan-ke-pulau-seribu-dan-deretan-tujuan-wisata-yang-indah-21pAw4FHu6w/full